
Kenapa Memilih Ilmu Komunikasi UNH ?
Unggul merupakan Tujuan yang ingin dicapai oleh civitas akademika Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Nurdin Hamzah dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian, dan kerjasama di bidang kajian Komunikasi.
- Unggul dalam pengembangan Ilmu Komunikasi melalui pendidikan yang berkompetensi dengan memiliki etika dan integritas.
- Unggul dalam kajian dan penelitian yang berorientasi pada perkembangan Ilmu Komunikasi.
- Unggul dalam pengabdian sosial kemasyarakatan yang berbasis kepada bidang kajian jurnalistik dan Public Relations.
- Unggul dalam mengembangkan kerjasama yang berkesinambungan dan berkelanjutan dengan berbagai pihak dalam bidang kajian jurnalistik dan Public Relations.

Profil Lulusan Ilmu Komunikasi :
1. Jurnalis (Journalist), Jurnalis atau penyaji informasi dan fakta dengan menggunakan sumber daya atau perantara media (media sosial, cetak, TV dan Radio). Untuk menjadi seorang jurnalis yang mumpuni di bidangnya, maka lulusan harus memiliki kemampuan sebagai berikut :
- Kemampuan dasar jurnalistik, seperti menulis, membaca kritis, berpikir kritis, dan memahami etika jurnalistik
- Lemampuan dasar fotografi, foto jurnalisme, dan mengikuti kode etik jurnalistik
- Membuat dan melaporkan berita melalui beragam platform, baik berbentuk tulisan, suara, maupun video.
- Mampu menggunakan media sosial.
- Mampu menghasilkan karya, minimal video dokumenter
- Menguasai bahasa pemrograman dan koding, atau menguasai aplikasi desain grafis, sunting audio, maupun sunting foto/ video
- Memproduksi produk jurnalis untuk dikembangkan dan berwirausaha secara mandiri
- Memiliki kemampuan search engine optimization dalam bidang jurnalistik online.
- Mampu mengoperasikan tool di internet guna mengecek fakta terkait kebenaran informasi terkait jurnalisme.
Public speaking yang baik
- Memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas, terutama terkait isu-isu atau berita teraktual
- Menguasai artikulasi, intonasi, dan speed
- Penguasaan dan pemeliharaan alat-alat di studio atau tempat rekaman
- Harus menjunjung tinggi prinsip-prinsip jurnalistik
- Dapat berwirausaha secara mandiri
- Membuat storyboard atau jalan cerita konten
- Menyunting atau editing
- Menguasai teknik videografi dan fotografi
- Kemampuan untuk berkomunikasi dan bernegoisasi dengan pihak pengiklan
- Mengumpulkan informasi pendukung yang lengkap mengenai kondisi pasar, tren, dan kebutuhan terkini publik (riset)
- Copywriting dan content writing
- memproduksi konten dengan memiliki kemampuan fotografi dan videografi
- mengedit typo, sumber, data, argument, dan lainnya seperti : (a)pada video menyatukan semua footage yang ada agar menjadi sebuah cerita atau alur yang sesuai. (b)pada foto, menghapus objek, mengatur pencahayaan dan kontras, mengatur warna.
- Memproduksi konten untuk dikembangkan dan berwirausaha secara mandiri melalui media massa / sosial
Peluang Kerja :
- Peneliti Komunikasi Pemerintahan dan Swasta
- Praktisi Humas Pemerintahan dan Swasta
- Pelaku Media (Penyiaran dan News Media)
- Konsultan Profesional Komunikasi Pemerintah dan Swasta
- Analysis Professional Komunikasi Pemerintah dan Swasta
- Pegawai Bumn BUMN dan Swasta
- Politisi Profesional Komunikatif

8 Langkah Menjadi Mahasiswa Ilmu Komunikasi
